Selasa, 29 November 2011

Meriahkan Facebook dengan Aplikasi

Facebook sengaja dirancang untuk membuka jalan berkembangnya berbagai macam aplikasi pihak ketiga. Facebook bahkan memiliki FBML, yaitu Facebook Markup Language sebagai bahasa penulisan aplikasi di Facebook, serupa HTML yang biasa dijadikan bahasa penulisan halaman website.

Untuk mendukung berkembangnya aplikasi pihak ketiga ini, Facebook bahkan membuka sublink untuk menyiarkan aplikasi-aplikasi third party yang tersedia untuk dimanfaatkan penggunanya. Banyak yang berguna, namun banyak juga yang sepele. Tak hanya menyediakan halaman unduh dan instal aplikasi, Facebook juga menyediakan API (Application Programming Interface) yang memungkinkan siapa pun mudah untuk membuat aplikasi Facebook.

Banyak Pilihan Aplikasi
Facebook memiliki halaman khusus untuk aplikasi pihak ketiga. Halaman ini sangat berguna mencari aplikasi pihak ketiga, seperti halnya jika kamu ingin mencari teman. Daftar aplikasi pihak ketiga tersebut bisa kamu akses di www.facebook.com/applications. Seluruh aplikasi yang dapat diinstal di akun Facebook ada di sini. Dalam halaman pertamanya, halaman ini akan memperlihatkan seluruh aplikasi yang tersedia di menu “All Applications”. Aplikasi-aplikasi tersebut terbagi atas kategori: Business, Education, Entertainment, Friends & Family, Games, Just For Fun, Lifestyle, Sports, dan Utilities.

Namun seluruh aplikasi tersebut pada dasarnya terbagi atas kategori besar “On Facebook”(aplikasi yang digunakan langsung di akun Facebook),”External Website” (aplikasi yang dapat kamu gunakan di halaman website pribadi atau blog), “Desktop” (aplikasi yang dapat diinstal ke PC untuk pengelolaan Facebook, dan “Mobile” (aplikasi untuk mengakses Facebook dad perangkat mobile, seperti ponsel, PDA, dan lainnya).
Cara instalasi aplikasi ini tidak merepotkan. Kamu tinggal memilih, mengeklik nama aplikasi tersebut, lalu mengeklik tombol instalasi yang tersedia. Pada halaman sebuah aplikasi, kamu juga dapat melakukan beberapa hal, seperti melihat daftar teman kamu yang sudah menggunakan aplikasi tersebut dan sebagainya.

Mengelola Facebook dari Desktop.
Mengelola akun Facebook tak mesti dilakukan melalui browser Internet. Jika sebelumnya kamu hanya bisa mengakses situs jejaring hanya dengan mengunjungi situs web-nya, maka kini sejumlah aplikasi baik dalam bentuk software mandiri atau plugin-bisa dimanfaatkan untuk memantau perkembangan akun kamu di situs web bernuansa biru tersebut.

Kebanyakan software pendukung untuk Facebook berfungsi memberikan notifikasi bahwa ada perkembangan baru di account kamu, semisal adanya pesan pribadi & wall- to-wall yang baru hingga poke dan friend request. Pun ada aplikasi yang memungkinkan kamu bisa langsung menyetujui friend request dan merespon setiap pesan tanpa harus membuka akun di browser.

Beberapa aplikasi malah menyediakan fasilitas kontrol multiakun dan multilayanan. Maksudnya, dalam satu aplikasi, kamu tak hanya dapat mengelola akun Facebookmu saja, namun juga mengelola akun di layanan jejaring social lainnya, seperti Twitter, Friendster, MySpace, dan sebagainya. Aplikasi ini semacam ini disebut social aggregator. Ada dua macam aplikasi social aggregator, yaitu berbasis desktop (yang harus terinstal di desktop) dan berbasis web (diakses melalui aplikasi online via browser).

Salah satu aplikasi social aggregator yang dapat kamu gunakan adalah Twhirl (www. twhirl.org). Kamu bisa dengan mudah mengelola aneka tweet dari akun Twitter-mu, bersamaan dengan update status Facebook. Keduanya dapat ditampilkan dalam satu jendela secara berdampingan.
Dengan fleksibilitas semacam ini, para pengguna memang diberi kenyamanan dalam mengelola. Tak perlu buka-tutup browser, pembuatan status baru hingga notifikasi info baru dari akun Facebook tetap dapat dilakukan dan diterima dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar