Fish

Selasa, 29 November 2011

Peran Sains dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam sains, kalian akan mempelajari biologi, fisika, dan kimia. Biologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup (organisme). Cakupan biologi sangat luas. Biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami alam sekitar (lingkungan) secara sistematis. Dengan demikian, belajar biologi berarti juga belajar tentang proses penemuan.

Tahukah kalian, biologi sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, jika kalian ingin menanam dan memelihara tanaman berarti kalian berhubungan dengan biologi. Jika kalian ingin mengetahui apa yang ada dan sedang berlangsung dalam tubuh kalian, maka kalian berhubungan dengan biologi. Selain berperan dalam kehidupan sehari-hari, biologi juga berperan dalam bidang pertanian, kedokteran, farmasi, dan perkembangan teknologi.

Fisika merupakan cabang utama sains karena prinsip-prinsipnya dijadikan dasar bagi cabang-cabang sains yang lain. Sebagai contoh, prinsip kekekalan energi menjadi dasar berbagai penelitian ilmiah, mulai dari ikatan atom hingga peramalan cuaca.
Apakah sebenarnya kelebihan fisika? Meski fisika biasanya dianggap sebagai ilmu yang mempelajari benda dan energi. namun memahami gejala-gejala alam merupakan tujuan utama dalam mempelajari fisika. Pada tahun-tahun awal abad ke-20, para fisikawan menemukan bahwa atom terdiri dari nukleus yang bermuatan positif dengan sejumlah elektron bergerak mengitarinya. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa setiap nukleus itu mengandung sejumlah neutron dan proton. Dewasa ini para fisikawan sudah mengetahui bahwa baik neutron dan proton itu tersusun dari partikel-partikel lain yang lebih kecil.

Beberapa penelitian ‘ilmu-ilmu murni’ memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang gejala-gejala alam yang kemudian seringkali menghasilkan penerapan-penerapan penting bagi cabang sains yang lain. Dimanfaatkannya ilmu fisika dalam berbagai cabang sains adalah salah satu alasan mengapa fisika merupakan tulang punggung abad ilmiah dewasa ini. Sebagai contoh, penemuan elektron menjadi dasar pembuatan mikroskop elektron dan akhirnya ilmu biologi sel menjadi jauh berkembang.

Banyak teknologi baru yang tercipta sebagai hasil dari berbagai penemuan dalam fisika. Transistor ditemukan 30 tahun yang lalu. Sekarang miliaran transistor dapat dikemas dalam sebuah chip. Penggunaan chip ini ternyata sangat membantu kehidupan manusia di bidang teknologi informasi. Bahkan kegiatan kita sehari-hari, seperti berbelanja dan mengambil uang di ATM. tidak terlepas dari aplikasi chip ini.

Dalam kimia dipelajari materi dan perubahannya. Di alam ini terdapat jutaan materi yang berbeda. Dengan mempelajari kimia, kita dapat mengetahui sifat-sifat materi serta cara memanfaatkannya.
Kita harus ingat bahwa semua benda yang ada di sekitar kita tergolong materi kimia. Materi kimia tidak hanya terdapat di dalam laboratorium. tetapi ada juga di sekitar kita. Plastik, kayu, batu, tanah, kaca, minyak, dan karet semuanya tersusun dari materi kimia. Udara yang kita hirup, makanan dan minuman yang kita konsumsi, pakaian yang kita kenakan, dan buku yang sedang kamu baca ini pun merupakan materi kimia.

Kimia berperan besar dalam kehidupan kita. Banyak sekali bidang pekerjaan yang berkaitan dengan kimia, misalnya kedokteran, pertanian, peternakan, farmasi, pengolahan logam, keperawatan, lingkungan, dan sebagainya. Bagaimana dengan kamu? Bidang pekerjaan apa yang akan kamu tekuni nantinya?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar